7 ELEMEN DASAR DESAIN

Desain memiliki elemen dan unsur yang harus diperhatikan secara seksama. Desain tentu tak hanya sekadar inspirasi atau ide hebat, melainkan tentang bagaimana mengerti sisi fundamental dari desain itu sendiri. Ada setidaknya 10 elemen dasar yang harus diperhatikan oleh setiap desainer. Meski pada akhirnya aturan dibuat untuk dilanggar, setidaknya Anda harus mengenal dulu elemen-elemen dasar dalam desain.

Berikut daftarnya :

1. GARIS
Elemen pertama dan paling dasar dari desain adalah garis. Fungsinya adalah untuk memisahkan ruang dan meletakkan desain pada lokasi spesifik. Bayangkan bagaimana majalah menggunakan garis untuk memisahkan konten, hedalines dan sisi samping.

Elemen Dasar Desain 2

2. WARNA
Warna adalah elemen yang paling terlihat dari sebuah desain, baik bagi penikmat maupun desainer itu sendiri. Warna dapat berdiri sendiri sebagai latar, atau diaplikasikan ke elemen lain seperti garis, shapes, tekstur dan lain sebagainya. Warna menimbulkan mood dan menceritakan isi desain.

Elemen Dasar Desain 1

3. SHAPE
Bentuk-bentuk geometrik atau organik memberikan minat pada desain. Semua bentuk dapat dikategorikan sebagai shape sehingga Anda harus memperhatikan bagaimana seluruh elemen membentuk shape dan bagaimana mereka berinteraksi.

Elemen Dasar Desain

4. SKALA
Bermain-main dengan skala dan ukuran objek, shape, tipe dan elemen lain memberikan nuansa pada desain. Bayangkan betapa membosankannya sebuah desain dari elemen-elemen yang berukuran sama.

5. HARMONI
Harmoni adalah tujuan utama dari desain grafis menurut para pakar. Jadi elemen ini sangat penting. Harmoni adalah apa yang Anda peroleh dari kumpulan seluruh elemen desain. Desain yang baik adalah desain yang harmonis, cukup dan tidak berlebihan. Pastikan seluruh detail telah diperhatikan dengan baik sebelum menyelesaikan sebuah proyek desain.

6. TIPOGRAFI
Mungkin hal tunggal yang paling penting dari sebuah grafis adalah tifografi. Seperti warna dan teksture, pemilihan desain huruf dapat memberikan pesan kepada penikmat betapa pentingnya sebuah desain. Kata-kata adalah elemen penting, tetapi bentuk huruf dari kata-kata tersebut tak kalah penting.

Elemen Dasar Desain 3

7. SPACE
Area kosong merupakan salah satu aspek desain yang sangat umum. Area kosong ini akan membantu menampilkan visual gambar secara utuh.


Tinggalkan komentar